Tips membuat hasil foto menjadi lebih baik (Basic photography 3).




Setelah tips dan trick sebelumnya maka usaha lainnya untuk memperbaiki tampilan sebuah foto yaitu dengan memperhatikan latar depan/ foreground dan latar belakang/ background. Dua hal ini bekerja dalam hal memperkuat kesan dimensi dalam foto. Secara umum kita sering menghindari penempatan latar depan dan sering tidak memperhatikan latar






belakang, jika lebih cermat kedua elemen ini dapat memperkuat cerita pada foto yang anda tampilkan.

1. Memperhatikan latar depan/ foreground. Prinsipnya latar depan dimasukkan kedalam bagian komposisi untuk menambah kesan indah, menguatkan cerita dari subjek, dan menguatkan kesan dimensi foto. Latar depan dapat
hanya menempati porsi kecil dari
komposisi atau juga mengelilingi hampir seluruh bagian foto yang sering disebut framing. Jadikan kemungkinan untuk memasukkan latar depan jika hanya latar depan ini menunjang keseluruhan tampilan foto. Sebab kalau salah penempatan latar depan dapat juga mengurangi kekuatan subjek. Untuk lebih mudahnya, bisa memperhatikan contoh-contoh foto dibawah ini:





2. Memperhatikan latar belakang/ background. Latar belakang berfungsi sebagai ruang pengisi bagian yang tersisa dari sebuah subjek. Karena hal tersebut, sering latar belakang tidak mendapat perhatian yang cukup dibandingkan subjek itu sendiri. Namun tidak demikian halnya bagi mereka yang telah mahir, menjadikan latar belakang sebagai penguat cerita subjek merupakan sebuah tantangan. Jika keputusan memasukkan latar depan masih merupakan pilihan maka berbeda halnya dengan latar belakang yang memang harus diperhatikan ketika foto dibuat. Ada beberapa sifat latar belakang terhadap subjek yaitu: tidak berhubungan dimana biasanya latar belakang dipilih sesederhana mungkin sehingga tidak mengurangi perhatiaan dari subjek atau berhubungan dimana latar belakang berperan memperkuat cerhta dari subjek.


Berikut ringkasan tips dan trick yang dapat anda pergunakan untuk memanfaatkan latar depan dan latar belakang guna memperoleh tampilan foto yang lebih baik:


1.Usahakan sempat mengamati subjek sebelum pemotretan dimulai, pikirkan kira-kira apa yang akan dimasukkan sebagai latar depan atau latar belakang. 2.Hindari latar depan atau latar belakang yang terlalu ramai atau mencolok dibandingkan subjek itu sendiri. 3.Hindari latar depan atau latar belakang yang tidak berhubungan dengan subjek dalam artian tidak memperkuat cerita subjek. 4.Buat beberapa eksperimen komposisi atau format pengambilan gambar (vertical/ horizontal) yang menyertakan latar depan atau belakang yang berbeda. 5.Bukaan diafragma lensa yang besar dapat dipilih untuk menyederhanakan latar belakang sehingga latar belakang tampil kabur/ blur dan subjek dapat ditampilkan dengan baik. 6.Jika mungkin, dalam memotret sebuah momen temukan latar belakang yang kiranya menarik dan menunjang subjek terlebih dahulu. Kemudiaan pemotretan dilakukan pada latar belakang tersebut ketika momen lewat di depannya. 7.Jika mungkin, variasikan latar belakang dari subjek yang difoto. Jika perlu, pindahkan subjek ketempat yang memiliki latar belakang yang menunjang tampilan secara keseluruhan. Buat beberapa pilihan latar belakang sampai diperoleh yang terbaik menurut anda. Selamat mencoba dan bereksperimen.

Ditulis Oleh : mav Hari: 00.47 Kategori:

 

translate

translate